Ticker

6/recent/ticker-posts

Ekstra Kurikuler SD Negeri 6 Sanur

Ekskul atau ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam pelajaran tetapi masih dilakukan di lingkup sekolah. Umumnya kegiatan ini dilaksanakan setelah jam pelajaran usai. Anak - anak biasanya memiliki ekskul pilihannya sendiri sesuai dengan minat dan bakat. Sebagai contoh program ekstrakurikuler SD antara lain pramuka, musik, seni, tari, hingga olahraga.

Pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Ekstrakurikuler umumnya dibagi menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik.

Sedangkan, ekstrakurikuler pilihan adalah kegiatan yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing.

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler SD Negeri 6 Sanur
Ekstrakurikuler tak hanya berupa kegiatan yang menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk siswa. Oleh karena itu, ekstrakurikuler harus dilakukan dalam kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan minat dan bakat. Pun dapat dijadikan sebagai wahana untuk melatih kemampuan sosial pesertanya.

Nah, masing-masing sekolah biasanya memiliki bidang ekstrakurikuler tertentu yang dikembangkan bahkan diunggulkan. Berikut beberapa contoh kegiatan program ekstrakurikuler SD yang bisa dilakukan anak-anak.

1. Olahraga
Selain baik untuk kebugaran fisik, olahraga juga baik untuk melatih perkembangan motoriknya. Olahraga menjadi salah satu ekstrakulikuler yang paling difavoritkan oleh anak.

Untuk tingkat sekolah dasar, biasanya ada cabang olahraga yang berkelompok, seperti sepak bola, voli, dan basket. Anak-anak akan belajar kerja sama tim dan mengelola ego dalam sebuah kelompok.

Selain itu, ada juga olahraga yang sifatnya individu seperti bulu tangkis, renang, catur, hinga tenis.

2. Bela diri
Selain olahraga yang sifatnya permainan, anak-anak juga perlu dibekali keterampilan bela diri. Anak-anak bisa belajar tentang kedisiplinan, keberanian, serta komitmen saat berlatih bela diri.

Ada beberapa bela diri yang aman untuk anak antara lain, taekwondo, silat, karate, dan kungfu. Tentu saja pihak sekolah harus menyediakan pelatih yang profesional serta perlengkapan latihan yang aman, seperti matras dan body protector bila memungkinkan.

3. Paskibra termasuk contoh program ekstrakurikuler SD
Paskibra atau pasukan pengibar bendera juga termasuk salah satu ekstrakulikuler yang banyak diminati. Untuk mendaftar kegiatan tersebut biasanya harus mengikuti seleksi yang ketat. Kegiatan ini dapat melatih kedisiplinan dan keberanian anak. Apalagi saat dirinya mendapatkan giliran mengibarkan bendera merah putih saat upacara hari senin.

4. Kerohanian
Selain berkaitan dengan eksplorasi diri, ekstrakurikuler kerohanian juga diperlukan untuk memperkaya jiwanya. Ekskul ini biasanya dibagi dalam beberapa cabang sesuai dengan agama masing-masing.

5. Pramuka
Pramuka merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap siswa di sekolah. Sebab, kegiatan pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib yang diatur khusus dalam peraturan Permendikbud RI Nomor 63 tahun 2014. Setiap sekolah wajib mengadakan pendidikan kepramukaan yang diikuti oleh seluruh siswa sebagai anggotanya. Namun, dalam prakteknya siswa dapat tidak mengikuti kegiatan tersebut jika memang ada kondisi khusus, seperti sakit dan lain sebagainya. Umumnya secara otomatis seluruh siswa akan menjadi anggota pramuka.

6. Tari
Ada juga anak-anak yang lebih suka belajar menari ketimbang bermusik. Bukan hanya tari modern, sekolah juga bisa membuat kegiatan latihan seni tari Nusantara. Memang jarang anak yang meminatinya. Namun, tidak ada salahnya mengajak anak melestarikan budaya Indonesia, khususnya di bidang seni tari.

Nah, itulah beberapa contoh kegiatan yang menjadi program ekstrakurikuler untuk anak Sekolah Dasar Negeri 6 Sanur. Pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler merupakan aktivitas belajar sambil bermain, sehingga lebih menyenangkan. Kira-kira mana kegiatan ekstrakurikuler yang baik untuk kalian?

Posting Komentar

0 Komentar