Ticker

6/recent/ticker-posts

Upacara Bendera

Kegiatan Upacara Bendera di sekolah merupakan salah satu kegiatan yang diwajibkan dalam pendidikan Bela Negara. Kegiatan ini dianggap efektif dalam upaya menumbuhkan semangat patriotik dan nasionalisme di kalangan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Dimana nantinya merekalah yang akan bertanggung jawab atas keberlangsungan berkibarnya bendera sang saka merah putih di bumi pertiwi.

Dengan mengikuti kegiatan Upacara Pengibaran Bendera di sekolah diharapkan peserta didik bisa mengembangkan beberapa sikap dan ketrampilan. Diantaranya adalah mengembangkan sikap disiplin, bertanggung jawab, dan sikap mengikuti suatu kepemimpinan (dari seorang pemimpin). Sedangkan beberapa keterampilan yang bisa dikembangkan antara lain keterampilan gerak, menjaga kesehatan jasmani dan rohani, dan keterampilan memimpin.rangkaian upacara bendera sendiri merupakan pengingat akan detik-detik kemerdekaan dahulu.

Amanat yang disampaikan pembina upacara selalu akan menjadi pengingat tentang perjuangan para pahlawan jaman kemerdekaan dahulu. Dalam kondisi yang sulit secara fisik dan mental,karena tertindas, untuk selalu berjuang untuk memerdekakan bangsa dan dengan sabar selalu bersatu untuk merebut kemerdekaan.

Dalam upacara bendera sederet acara di gelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari anak-anak dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera.

Upacara bendera juga mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bila anda mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera juga mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan anak muda.

So, gimana nih? masih mengeluh juga bila ada upacara bendera?
Kita harap sih jangan lagi ya, karna kita tuh gatau gimana rasanya para phlawan kita yang waktu itu memperjuangkan Bangsa Ini.

Posting Komentar

0 Komentar